Berikut ini akan dibahas tentang tahap tahap pembuatan aplikasi permainan Plane Space yang diimplementasikan pada perangkat selular. Proses pengembangan aplikasi ini melalui beberapa tahapan yaitu
1. Pembuatan Rancangan Plane Space
- Pembuatan diagram alur (flowchart) program yang akan menggambarkan aliran dan arah jalannya program yang akan dibuat serta struktur navigasi.
- Perancangan Form / Tampilan. Perancangan tampilan aplikasi pada telepon selular yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan user.
- Langkah langkah pembuatan aplikasi berdasarkan ketiga tahap sebelumnya.
- Uji coba program (Implementasi). Pada tahap ini kode program yang telah dibuat pada tahap sebelumnya akan dieksekusi dan dijalankan untuk menganalisa kesesuaiannya dengan ketiga tahap awal yang dilakukan (eksekusi dilakukan dengan J2ME WTK 2.5.2).
Rancangan Umum Permainan
Permainan Plane Space ini adalah suatu permainan yang memiliki tampilan grafik, audio dan interaksi yang ditampilkan secara dua dimensi (memiliki panjang dan lebar), hanya dapat dilihat dari satu sudut perspektif. Tampilan grafiknya berupa background luar angkasa yang gelap dan berbintang. Disini akan terlihat sebuah pesawat luar angkasa yang dihujani meteor, permainan ini dapat dimainkan maksimal hanya oleh satu pemain.
Sebelum permainan dimulai, terdapat tampilan menu yang dapat dipilih oleh user. Adapun cara memainkan aplikasi permainan Plane Space ini ialah dengan menembaki musuh yang ada. Jika peluru yang ditembakkan mengenai musuh, maka scorenya akan bertambah lima (5) point. Apabila pesawat berhasil menembaki meteor pada jumlah tertentu maka akan mendapatkan bonus point, bonus point ini berguna untuk menaikkan level permainan, yaitu ketika jumlah point tertentu didapat maka level akan bertamabah. Sedangkan jika tidak mengenai musuh dan pesawat tertabrak oleh musuh, maka power pesawat akan berkurang sebanyak sepuluh (10) point dari jumlah power yang dimiliki oleh pesawat pada awal permainan adalah sebesar seratus (100) point. Apabila power pesawat habis, maka permainan berakhir. Musuh pada aplikasi permainan Plane Space ini tidak berupa pesawat melainkan meteor atau bisa disebut juga bola.
Pembuatan Flowchart
Pembuatan Flowchart berguna sebagai penjelasan begian dari pembentukan alur program. Dimana tampilan yang ada dalam aplikasi Plane Space ini seperti petunjuk, profile dan about dapat dengan mudah dimengerti. Agar alur program lebih jelas maka dibuat dua flowchart, yang pertama alur dari aplikasi secara keseluruhan dan yang kedua adalah alur yang lebih spesifik, bagaimana saat menjalankan pesawat seperti pada gambar berikut :
Pembuatan Struktur Navigasi
Setelah membuat rancangan - rancangan seperti flowchart di atas dalam bentuk sketsa, maka sekarang dilakukan pembentukan alur program dengan menggunakan struktur navigasi berbentuk hirarki pada gambar berikut.
Rancangan Form / Tampilan
Rancangan Tampilan Aplikasi Permainan Plane Space
Pada rancangan tampilan aplikasi ini penulis menampilkan sebuah aplikasi permainan pesawat luar angkasa yang diberi nama ‘Plane Space’. Pada form ini penulis memberikan tombol yaitu ‘Back’ yang berada dipojok kiri bawah, ketika user menekan tombol ‘Back’ maka user akan kembali ke menu utama. Gambar berikut adalah rancangan tampilan aplikasi Plane Space :
Langkah Langkah Pembuatan Aplikasi
- Pertama-tama Install software J2SE SDK
Untuk membangun MIDlet, dibutuhkan J2SE SDK. Terdapat dua buah alasan mendasar mengapa diperlukannya meng-install J2SE SDK terlebih dahulu. Pertama, J2SE SDK menyediakan platform yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan J2ME Wireless Toolkit. Dengan kata lain, tanpa adanya J2SE SDK di dalam komputer kita, maka J2ME Wireless Toolkit tidak mungkin bisa dijalankan. Dan alasan yang kedua adalah karena J2SE SDK memiliki compiler (Java Compiler) untuk melakukan kompilasi terhadap proyek-proyek aplikasi yang dibuat di dalam J2ME.
- Install software J2ME Wireless Toolkit
Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi software J2ME Wireless Toolkit, yaitu sekumpulan alat bantu yang digunakan untuk membangun dan mencoba jalannya aplikasi-aplikasi MIDP. Untuk memudahkan, J2ME Wireless Toolkit ini dapat dianggap sebagai sebuah miniatur IDE (Integrated Development Environment).
Setelah kedua software tersebut ter-install dengan benar, maka untuk menjalankan aplikasi ini, pertama-tama dimulai dengan membuka menu Start – Programs – J2ME Wireless Toolkit – KToolbar, seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini.
Setelah icon KToolbar diklik, maka akan terlihat tampilan seperti yang tampak pada gambar berikut ini
Lalu buat sebuah project baru dengan memilih menu File | New Project, maka akan muncul kotak dialog yang berfungsi untuk mengisikan nama project dan nama kelas dari MIDlet yang akan dibuat sesuai dengan keinginan, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini
Kemudian setelah itu, pilih tombol Create Project, toolkit mengizinkan untuk mengubah setting dari projek yang akan dibuat. Untuk settingan saat ini buat semua dalam keadaan default yang diberikan. Pilih tombol OK untuk mengakhirinya dan akan terlihat pesan yang ditampilkan pada panel toolkit, yang berisi teks pada gambar berikut
J2ME Wireless Toolkit akan menyimpan project tersebut ke dalam direktori Project1 dan ditempatkan di dalam direktori apps, yaitu direktori yang terdapat pada software J2ME. Jadi apabila instalasi J2ME dilakukan di dalam drive C, maka direktori yang akan terbentuk adalah C:\WTK22\apps\Project1. setiap project yang dibuat secara otomatis akan membentuk sebuah struktur direktori standar sebagai penyimpan file-file pendukung yang diperlukan oleh project yang bersangkutan. Adapun struktur direktori yang dimaksud adalah seperti yang tampak pada gambar dibawah ini
Tentunya Build ini akan berhasil jika terdapat tampilan seperti pada gambar berikut ini.
Jalankan aplikasi dengan memilih menu Project | Run pada KToolbar, atau cukup dengan memilih tombol Run pada toolbar yang tersedia. Ikuti tombol- tombol yang disediakan pada aplikasi yang bersangkutan untuk menjalankan aplikasi tersebut.
Pengambilan Data
Proses pengambilan gambar yang ada pada aplikasi ini, dimulai dari men- download gambar melalui internet dengan situs ’http://www.freeiconpack.org//’. Setelah kita mendownload gambar – gambar ini lalu kita mendownload kembali musik yang dipakai
sebagai backsound aplikasi ini dengan situs ’http://www.freemidi.org//’. File-file gambar yang sudah didownload tersebut berformat png, sedangkan untuk musiknya berformat midi. Kemudian gambar – gambar dan musik tadi kita masukkan kedalam folder res, seperti gambar dibawah ini :
Di dalam folder res tersebut terdapat gambar – gambar dan musik yang telah disimpan. Agar lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini :
Editor Penulisan Kode Program
Setelah penulis membuat project pada Wireless Toolkit untuk penulisan kode program penulis menggunakan editor teks ‘Notepad’. Berikut tampilannya pada gambar berikut :
Kelas-kelas yang Terbentuk
Program ini terdiri dari beberapa kelas, dimana diantara kelas-kelas tersebut, terdapat satu kelas utama yang berfungsi sebagai kelas pertama yang akan memanggil sub-sub kelas dari kelas utama tersebut. Adapun, kelas-kelas tersebut ialah, Arena, Bomb, Bullet, Explo, Jet, FormOption, Informasi dan MenuUtama.
Pada pemrograman java (J2ME), setiap fungsi yang ingin dibuat harus dituliskan didalam sebuah kelas, karena pada dasarnya J2ME menganut prinsip pemrograman OOP (object oriented programming). Pada bagian ini, penulis akan membahas bagaimana cara pembuatan aplikasi Plane Space dengan J2ME yaitu dalam sebuah emulator yang telah disediakan di dalam J2ME Wireless Toolkit. Fungsi yang terdapat dalam aplikasi ini dibagi kedalam beberapa kelas (java kelas), dimana setiap kelas dibuat berdasarkan karakteristik layar yang dipergunakan dalam aplikasi. Dengan kata lain, setiap layar yang ada dibangun dari kelas tersendiri, dalam permianan ini terdapat 7 kelas.
Persiapan lain adalah file pendukung grafik dan audio. Gambar yang dibutuhkan untuk pembuatan permainan ini adalah untuk splash screen dibutuhkan gambar berukuran 122 x 122 pixel. Gambar dapat dibuat sesuai keinginan. Kemudian buat pesawat icon berukuran 23 x 27 pixel, tampilan meteor berukuran 12 x 12 pixel. Lalu buat gambar meteor meledak berukuran 19 x 19 pixel. Setelah itu siapkan gambar untuk pesawat 168 x 48 pixel dan yang terakhir gambar untuk tampilan profile programmer berukuran 105 x 160 pixel dan berbentuk file .jpg. Simpan dengan nama sesuai yang terdapat di class yang telah dibuat.
Ujicoba / Implementasi
Setelah langkah pembuatan selesai dilanjutkan dengan uji coba program (Implementasi). Uji coba dilakukan dengan me-run program yang telah dibuat tadi pada Wireless toolkit dan menampilkannya pada output. Ketika dijalankan pertama kali, maka akan tampil nama kelas MIDlet yang telah dibuat beserta satu tombol Launch untuk menjalankan aplikasi tersebut. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Tampilan Permainan Plane Space
3.5.1
Instal Program di Handphone
Setelah program sukses dijalankan selanjutnya dapat dilakukan operasi packaging dengan tujuan membungkus aplikasi MIDlet ini menjadi sebuah file JAR dan sebuah file JAD. Untuk itu pilih menu project dan klik package pilih create package. Setelah dibuat package, aplikasi MIDlet ini dapat dijalankan secara langsung dengan memilih Start → All Programs → Sun Java (TM)
Wireless Toolkit 2.5.2 for CLDC → Run MID Application → apps → kereta → bin → kereta.jad. Serta program MIDlet ini dapat di transfer pada segala macam perangkat handphone yang mendukung teknologi Java, khususnya pada telepon genggam (hanphone, PDA dll).
Saat pemaketan akan dihasilkan dua buah tipe file yaitu plane.jar dan plane.jad pada direktori C:/Documents and Settings/[user]/j2mewtk/[versi]/apps/kereta/bin. Untuk memasukkan project plane ini ke dalam handphone, dapat menggunakan Nokia PC Suite bagi yang menggunakan handphone Nokia. Untuk meng-install aplikasinya dengan menggunakan software Nokia PC Suite, caranya dengan masuk ke dalam menu start → All Programs → Nokia PC Suite → Nokia PC Suite.
Sebelumnya dapat juga dilakukan pengaturan koneksi komputer kita dengan handphone menggunakan Nokia PC Suite melalui settings kemudian pilih Manage Connections, pada jendela Manage. koneksi yang ingin digunakan antara lain dapat menggunakan kabel serial, kabel USB, bluetooth, dan infrared.
Setelah mengatur koneksi-nya, selanjutnya kita install aplikasi yang telah dibuat. Caranya adalah dengan masuk ke dalam menu Start → All Programs → Nokia PC Suite → Nokia PC Suite. Kemudian pilih Install Application, dalam menu Install Application pertama masuk ke dalam direktori tempat menyimpan file plane.jar hasil packaging-nya yang ada di C:/Documents and Settings/[user]/j2mewtk/[versi]/apps/kereta/bin. Setelah itu aplikasi diinstall dengan meng-klik tanda panah yang arahnya ke kanan.
Setelah instalasi program di handphone maka program dapat digunakan dengan cara yang sama seperti pada saat dilakukan uji coba terhadap program.
0 komentar:
Posting Komentar