1.Sejarah Game Komputer
Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.
Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.
Game Generasi Pertama
Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).
Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.
Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
Game Generasi Kedua
Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.
Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.
Dan kini komputer bersaing dengan mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.
2.Jenis Jenis Game Komputer
· FunGames
Fun games adalah permainan seperti : skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
Fun games adalah permainan seperti : skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
· ArcadeGames
Arcade games adalah semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
Arcade games adalah semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
· Strategic Games
Strategic games biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.
Strategic games biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.
· Adventure Games
Adventure games terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanya algoritma untuk membuat game ini adalah sedang-sedang saja sampai sulit. Tapi grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
Adventure games terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanya algoritma untuk membuat game ini adalah sedang-sedang saja sampai sulit. Tapi grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
· Simulation Games
Dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya. Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
Dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya. Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
· Serious game
suatu konsep game dengan tujuan untuk kepentingan trainning, advertising, simulasi, edukasi. Intinya adalah untuk kepentingan yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious game ini bisa diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan berbagai genre dan teknologi game.
Inti utama dari tujuan serious game adalah menumbuhkan, mengedukasi, dan memotivasi pemain untuk satu tujuan tertentu.. Tujuan lain bisa juga untuk kepentingan marketing dan advertising. Di Amerika sendiri, serious game ini banyak diterapkan di kalangan pemerintahan serta para profesonal kesehatan.
Game OnLine
Tekonologi games online diilhami oleh penemuan metode networking komputer tahun 70-an oleh militer di Amerika. Dari konsep inilah dikembangkan berbagai fitur baru termasuk game. Pertama jaringan yang digunakan masih Lokal Area Network (LAN). Kesininya sudah menggunakan jaringan yang luas melalui jalur www (world wide web) atau internet yang bisa diakses via nirkabel. Tidak seperti kirim email atau browsing yang tinggal langsung klik IE (internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing, untuk bisa memainkan game online kita harus meng-install dulu program game-nya.
Tentunya agar lebih asyik, perangkat keras (hardware) yang digunakan harus memadai juga. Berbeda dengan game biasa. Di game online kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua games online dapat dimainkan secara gratis, beberapa di antaranya ada yang memerlukan registrasi atau pembuatan member yang memerlukan sejumlah biaya. Biasanya games yang tidak memerlukan sejumlah biayan untuk pemnbuatan member, kita hanya perlu register dan dapat langsung memainkannya.
Sedangkan untuk games yang tidak gratis, kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Di dunia games on line kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap awal, kita harus memulai pada level satu. Kemudian level akan bertambah seiring dengan tingkat kemampuan kita untuk memainkan permainan tersebut.
Pada games on line kita pasti memiliki sebuah id character yang harus kita jaga agar id character kita dapat “diperhitungkan “ di dunia maya. Banyak sekali jumlah game online yang dapat dimainkan. Mulai dari game arcade sampai game perang atau petualangan.
Contohnya ada catur online yang disediain Yahoo! dan juga pool (biliard) online dari Yahoo!. Sementara game online lainnya ada Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy, Roadrash, bahkan game startegi seperti Rise of Nations keluaran Microsoft dan Big Huge yang dapat dimainkan.
Efek Game
Tidak mustahil akan terjadi seorang "player" kehilangan nyawa karena stres hanya karena menginginkan sebuah user ID dan telah menukarkan rumahnya untuk user ID itu dan ternyata game online tersebut tidak aktif beroperasi lagi (agak bodoh kelihatannya).
Bagi user ID yang hendak ditukar dengan sejumlah uang atau barang yang didalamnya telah mencakup job-job dengan kelas tertinggi, dengan level 99 semua, dengan stats yang tertinggi bukankah itu malah akan membuat si pemilik user ID tersebutbosan karena selalu menang? Apa asiknya bermain jika sudah tahu hasilnya akan menang mudah seperti membunuh semut? Mungkin bagi beberapa "player" hal tersebut yang asik.
Dengan mendapat user ID yang "perfect" secara instan (dengan bayar mahal tentunya) bukankah tidak melatih "player" tersebut untuk menaikkan stats dari karakternya tersebut secara benar karena dengan transaksi tersebut si "player pembeli user ID" tersebut langsung mendapat karakter berjob tertinggi dan item terlangka. Dia tidak merasakan asiknya menaikkan level, berubah job, dan asiknya bersusah payah membunuh monster level 40 dengan job novice.
Game bertema petualangan misalnya, peneliti berkeyakinan bahwa anak-anak yang mengemari game bertema itu memiliki efek positif berupa peningkatan kecepatan berpikir si anak. Sedangkan, anak-anak yang menggemari game bertema teka-teki memiliki efek positif berupa peningkatan akurasi berpikir mereka.
Riset yang dipimpin oleh Rolf Nelson, Profesor asal Wheaton College ini Norton, Massachusset, AS, mendapati kesimpulan itu usai menjalani riset yang melibatkan 20 anak-anak, yang diberikan tugas bermain game bertemakan petualangan atau game bertema teka-teki selama satu jam.
Sementara itu, Peneliti asal Beckman Institute, University Illinois, Candramallika Basak menilai keberadaan video game disatu sisi butuh pengembangan dan melintasi keinginan untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak guna menunjang pertumbuhannya. Sebabnya, Basak menyarankan kepada setiap orang tua untuk memilihkan permainan yang tepat bagi keperluan pengembangan kemampuan.
Bisinis game
1. Perusahaan Game Gravity, Co Ltd. perusahaan pembuat Game asal Korea.
Progress : Menjadikan game buatan nya sebagai game yang paling digemari
Pemasaran nya di asia meliputi china,negara2 asia tenggara,dan hamper seluruh benua asia,amerika latin,amerika utara,eropa sampai ke afrika
2. Sony Computer Entertainment. Perusahaan Game asal Jepang
Progress : Memperkenalkan pada dunia systemkomputer entertainment yang lebih efisien dan dengan fitur fitur yang menarik
Pemasaran nya di seluruh dunia
3. Electronic Arts (EA)
Progress : Menjadikan game produksi EA sebagai game yang paling detail dalam fitur fitur nya dan yang paling menarik
Pasar : Seluruh dunia
4. Bandai
Progress : Membuat game dengan kuliatas yang tinggi dan agar pemakai game tidak cepat bosan
Pemasaran di seluruh dunia
5. Capcom
Progress : memperlihatkan kefleksibelan dan kekuatan dari sebuah Havok Physics." dan softwarenya merupakan software tercepat dan merupakan engine yang paling mudah diukur yang pernah ada
Pemasaran : diseluruh dunia
6. LucasArts
Progress : menjadikan game buatan nya sebagai game favorit dan mendidik,bukan hanya hiburan semata
Pemasaran : seluruh dunia
Perbandingan antara game simulasi/virtual reality education dan entertainment dari segi user,ruang bisnis tempat,dll
Dari keempat jenis game diatas biasa nya game yang paling laku di pasaran adalah game entertainment karena game ini berisikan hiburan yang bisa dimainkan disaat orang orang lelah bekerja,atau pun sedang stress karena banyak nya maslah masalah yang ada pada pekerjaan nya.
Biasa nya orang lebih memilih game entertainment karena pemakainya bisa dari semua golongan,yaitu anak anak,remaja sampai ke orang dewasa,sedangkan game seperti simulasi,virtual reality dan education biasanya hanya disukai oleh orang orang tertentu saja dan dari segi menghibur sangat kurang
Untuk segi bisnis game game yang berbasis entertainment lebih mudah diterima dipasaran,sedangkan game simulasi/virtual reality hanya digunakan oleh orang orang atau lembaga tertentu saja hal ini menyebabkan pasaran game entertainment lebih besar dibandingkan pasaran game game lainnya
Komponen Game
1. Scene / Skenario
Dalam pembuatan game biasa nya aspek scene ini sangat diperhatikan oleh sang pembuat game,scene sangat menentukan dalam pembuatan game tersebut karena scane berperan langsung terhadap permainan game
Apabila scane nya membosankan maka pemakai game akan cepat bosan maka scane harus dibuat semenarik mungkin agar pemain dapat betah memainkan game nya,dan sebaiknya scene game nya dibuat sesuai kenyataan agar pemain lebih merasakan permainan yang dimainkanya.
2. Aktor
Aktor dalam Game juga sangat menentukan,pembuat game harus bisa membuat actor yang benar benar menarik untuk dilihat dan dimainkan,biasa nya pembuat game membuat actor menggunakan banyak fariasi gaya agar actor lebih keliahatan real
Dalam sebuah game,ex game perang biasa nya actor jagoan memegang peranan yang sangat penting karena jagoan lah yang menetukan permain tersebut,biasa nya jagoan bertindak lebih aktif dibandingkan lawan nya.
Musuh (lawan) juga harus diperhatikan,musuh akan berperan penting dalam permainan,sebaiknya musuh juga dibuat seaktif mungkin agar jagoan tidak kelihatan menonjol sendiri,musuh yang dibuat juga harus memiliki karakter yang kuat dan kemampuan yang bagus agar tidak terlalu murah dikalahkan oleh sang jagoan
Kemudian aspek lainnya adalah orang orang disekeliling jagoan dan musuh,ex masyarakat sekitar,disini masyarakat berperan agar game kelihatan lebih nyata dan lebih remain,agar game terlihat lebih nyata dan berfariasi,tidak hanya ada jagoan dan musuh nya saja.
Biasa nya masyarakat dalam game hanya bertindak passive atau sama sekali tidak melakukan apa apa,hanya berjalan bolak balik,teriak teriak atau berlari lari saja ini agar tidak mengganggu kegiatan dari actor utama/lawan,tetapi kadangkala ada juga game yang melibatkan masyarakat tadi sebagai actor pembantu,ex penyanderaan oleh musuh atau sang penunjuk jalan.
3. Rules
Dalam pembuatan game sebaiknya rules nya jangan terlalu sempit dan berbelit belit agar pemakai game tidak dipusingkan dengan banyak aturan yang tidak berguna,sebaik nya rules nya harus bersifat tepat dan padat.
Peraturan yang digunakan pada game haruslah mendukung pada permainan tersebut dan gerakan gerakan dari sang actor atau musuh,jangan sampai rules yang ada malah memusingkan pemain game sehingga pemain jadi cepat bosan atau malah tidak mau memainkan game yang kita buat hanya karena rules nya terlalu memberatkan bagi pemain
4. Environment
Environment yang dibuat harus sesuai dengan tema game yang kita buat,ex game nelayan harus dibuat didaerah laut,menggunakan kapal,dll.Juga harus jelas keadaan nya memang mencerminkan tingkah laku nelayan.
Disini lingkungan juga sebagai aspek penting dalam mengatur keindahan game yang kita buat,sebuah game akan laku apabila keadaan lingkungan dalam game tersebut terlihat sesuai dengan tema game yang dimainkan.
Game Management
Game management adalah hubungan antara aspek aspek game diatas,semua aspek itu harus terhubung dengan benar,contoh nya jika kita ingin membuat sebuah game dengan tema perang kita harus memperhatikan semua aspek yang berkaitan dengan perang,seperti senjata,jagoan,musuh,lingkungan tempat perang terjadi dan lain sebagai nya.
Keterkaitan ini sangat berperan penting dalam pembuatan sebuah game,jangan sampai terjadi perbedaan antara tema dan management game nya,contoh nya jangan sampai terjadi tema game nelayan tetapi dalam permainan nya nelayan harus menjalankan misi perang melawan teroris,ini akan menyebabkan game tidak menarik dan membosankan,sehingga pemain akan kecewa denga game yang kita buat.
Contohnya jika ingin membuat game dangan tema nelayan maka buatlah game dengan gambar gambar ikan,memancing,laut,kapal nelayan,dll.Ini agar game tersebut sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
Sumber :
Sumber :
http://www.okeloh.com/toko/index.php?page=shop.product_details
http://ligagame.com/index.php?Itemid=5&option=com_search&order
0 komentar:
Posting Komentar