Analisis Pesaing

Kemunculan handphone-handphone dengan banyak merk di Indonesia akan mempengaruhi pasar dan selera masyarakat Indonesia. Berikut ini akan membahas beberapa handphone yang mewakili masing-masing perusahaan  yang teranyar sejak awal januari 2010. Disini dapat dilihat masing-masing produsen bersaing satu sama lain demi mendapatkan pengaruh yang besar dari masyarakat. Berikut adalah review produk dari masing-masing produsen.

Samsung Champ C3300K

Selain meluncurkan produk-produk high end, Samsung tak lupa untuk tetap meluncurkan produk dengan harga terjangkau yang menarik. Hal ini terbukti dengan adanya ponsel Samsung terbaru yang diharapkan menjadi penerus kesuksesan Samsung Corby. Ponsel terbaru dari samsung ini adalah Samsung Champ C3300K yang menjadi ponsel touchscreen yang menggunakan formula Corby yaitu murah dengan fitur cukup menarik yang diharapkan bisa menarik banyak pembeli.
Disain bodinya kompak, dengan dukungan layar sentuh lebar 2,4 inci. Resolusinya sebatas 240x320 piksel (QVGA), dengan tenologi layar resistive. Serupa ponsel Samsung terbaru lain, sektor antarmuka C300K Champ mengadopsi user interface TouchWiz Lite, dengan tampilan depan (home screen) disertai widget yang tersusun grid 3x3. Tak beda dengan generasi CorbyTouch, C300K Champ dibenami pula dengan beragam aplikasi jejaring sosial semisal Facebook.
Untuk media hiburan, C3300K Champ menawarkan pemutar musik berkemampuan suara efek 3D plus speaker stereo. Termasuk menyediakan port audio 3,5mm untuk menyajikan keleluasan bagi calon pengguna untuk menikmati alunan musik via headset 'pasaran' lain. Rencananya Samsung C3300K Champ ini akan diluncurkan ke pasaran Juni 2010 mendatang. Dan, akan mulai tersedia di Timur Tengah, Amerika Latin, Asia dan Eropa. Untuk harga, diperkirakan akan lebih murah dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Samsung Corby.

Motorola Milestone

Setelah peluncurannya, kini Motorola telah membidik pasaran untuk memperluas pemasaran handset terbarunya. Menjelang liburan natal dan tahun baru, perangkat yang dikenal dengan Motorola Milestone tersebut kini telah dipasarkan dengan bandrol seharga 450 pounds atau sekitar 6,9 juta rupiah per unitnya.
Dengan menerobos pasaran handset di Inggris ini, harapan terbesar ditetapkan dan paling tidak telah menjadi tonggak eksklusifitas hingga akhir tahun ini. Sejalan dengan hal itu, konsumen juga disodorkan dengan pilihan subsidi T-Mobile.  Seperti yang diketahui, ponsel Motorola Milestone ini merupakan versi Eropa dari perangkat DROID Amerika.
Ponsel yang satu ini sama-sama berbasis Android 2.0 yang mengoperasikan tampilan layar sentuh kapasitif 3.7 inchi beresolusi tinggi. keyboard geser QWERTY lengkap, berbagai konektifitas yang ada, kamera 5 megapiksel, processor ARM Cortex A8 yang cepat, dan memiliki ketebalan 13.7 mm yang kemungkinan menjadikan perangkat ini menjadi ponsel QWERTY geser samping yang paling ramping saat ini. Namun demikian, hanya ada satu perbedaan dengan kerabat perangkat DROID lainnya yaitu keberadaan dukungan terhadap multi sentuh. Dan yang pasti, perangkat yang satu ini telah mampu menghadirkan kemewahan yang terkenal dari perangkat iPhone.

Nokia N900

Nokia meluncurkan produk bernama Nokia N900 yang merupakan ponsel tercanggih dan produk separuh ponsel separuh komputer. Sekitar bulan maret mendatang gadget ini akan sampai ke Indonesia.  Handset yang memiliki sistem Maemo ini untuk berbagai kebutuhan, didukung layar sentuh serta keyboard slide.  Smartphone pertama di dunia yang menggunakan Linux Maemo 5 itu akan segera tersedia di pasar Indonesia. kehadiran N900 dengan platform terbuka Maemo memberikan kesempatan bagi para pengembang aplikasi untuk bekerja sama.
N900 berlayar sentuh 3,5 inci dan dilengkapi keyborad QWERTY. Kinerja komputasinya didukung prosesor ARM Cortex A8 600 MHz, sistem operasi Linux Maemo 5, dan memori internal 32 GB. Kemampuan multitasking untuk membuka sebanyak mungkin aplikasi secara bersamaan merupakan daya tarik utamanya. Fitur utama lainnya, kamera 5 megapiksel, GPS, koneksi HSPA, dan WiFi 802.11 b/g. Nokia N900 juga menjadi handset pertama di dunia yang telah dilengkapi browser internet Firefox for Mobile buatan Mozilla. Handphone ini akan dilansir dengan harga 6 juta di pasaran.

Sony Ericsson Xperia X2

Handphone ini merupakan generasi penerus dari Sony Experia X1. Interface X2 memilliki desain lebih baik, plus dukungan fasilitas multimedia lengkap. Kamera mengadopsi lensa 8 MP, dengan bermacam setingan profesional. Sistem operasi pun kini lebih solid, dengan windows mobile 6.5 profesional. Fitur lain yang disediakan oleh sony ericsson xperia x2, semisal Geo-tagging, face detection, image stabilizer dan smart contrast pun bisa di manfaatkan untuk menghasilkan hasil foto yang bisa di bilang sangat berkualitas.
Untuk merekam video, kamera pada Xperia X2  mampu merekam klip film dalam format 3Gp dengan tingkat resolusi WVGA (800×480 pixel) pada speed 30 fps. Untuk media player yang disuguhkan, Sony Ericsson pada ponsel andalannya kali ini mengandalkan windows media player mobile plus tersedia player musik dengan sentuhan khas sony ericsson yang tampil cukup sederhana.
Dalam segi konektivitasnya, Sony Ericsson Xperia X2 memiliki kemapuan data yang sudah tidak diragukan lagi atau bisa di bilang dapat menjadi andalan, jalur HSDPA 7.2 Mbps dan HSUPA 2 Mbps bisa kita nikmati dengan cukup lancar. Internet explorer mobile khas windows mobile pun di benamkan dalam ponsel Xperia versi X2 ini yang di bandrol dengan harga mulai dari Rp6.000.000.

Blackberry Tour 9630

RIM kembali merelease Blackberry terbarunya yang diberi nama BlackBerry Tour 9630. BlackBerry Tour 9630 ini merupakan sebuah paket smartphone untuk memudahkan penggunanya mengakses email, kalender, kontak dan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya dimanapun dan kapanpun berada.
BlackBerry tour 9630 ditujukan untuk market share khusus eksekutif dan konsumen walaupun dalam kondisi ekonomi yang buruk sekarang ini. Model smartphone terbaru dari BlackBerry ini diberi nama BlackBerry Tour, dan akan melengkapi model smartphone BlackBerry lainnya, seperti BlackBerry Curve dan Bold yang ditujukan untuk user corporate high-end.
RIM telah mengumumkan smartphone BlackBerry Tour 9630 ini dengan dimensi tinggi 4.4 inch x lebar 2.4 inch x tebal 0.6 inch, bobot 5.2 oz. Untuk style-nya, BlackBerry Tour ini dilengkapi dengan track ball di bagian tengah, camera 3.2 megapiksel di bagian belakang, seperti di tipe Storm. Untuk jaringannya, world phone BlackBerry Tour 9630 ini memiliki quad-band EDGE dan foreign-band (2,100 MHz) HSDPA (at 7.2 Mbits/s) untuk user di luar US, seperti BlackBerry Storm. Seperti Storm, BlackBerry Tour ini dilengkapi processor Qualcomm 528 MHz, dan system operasi BlackBerry OS 4.7. Resolusi layar 480×360 piksel, akses GPS, Bluetooth, tapi tidak ada Wi-Fi.
Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar