Cloud Computing (Komputasi Awan)

Tugas softskill saya kali ini adalah tentang Cloud Computing, klo didengar sepintas akan terasa luci karena memiliki arti komputer awan, atau awan komputer atau jangan jangan komputer diawan. Maka untuk lebih jelasnya akan saya uraikan dibawah ini.

Cloud computing sebenarnya merupakan sebuah konsep teknologi baru pada saat ini yang memungkinkan para pengguna IT atau lebih dikenal dengan istilah user, untuk menggunakan produk-produk IT dalam bentuk sebuah service, dengan konsep ini perusahaan atau organisasi pengguna service tidak perlu lagi memikirkan infrastruktur teknologi, men-training tenaga ahli, atau membeli lisensi sebuah software. Dengan cloud computing, perusahaan atau organisasi cukup berlangganan satu atau lebih service yang dibutuhkan dengan pembayaran dilakukan perservice melalui Internet

Cloud Computing (Komputasi Awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Komputasi awan ini juga memiliki pengertian suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lainnya. Contoh dari komputasi awan ini adalah Google Apps. Aplikasi yang dapat digunakan antara lain : Linux, Mac OS, MS Windows.

Awan disini adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Pada tahun 2008 yang dipublikasikan IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigm dimana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client). Tujuan dari Cloud Computing (Komputasi Awan) adalah efisien, menguntungkan biaya operasional sehingga dapat menghemat 50% dan konsumsi listrik lebih rendah.

Berikut ini beberapa breakdown dari pengertian cloud computing diatas.

1.    SAAS (Software As A Service), merupakan konsep dimana perusahaan penyedia jasa (provider) memiliki sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh banyak client, dengan ini client tidak perlu menyiapkan sebuah server dan membeli lisensi software, mereka cukup membeli service dari aplikasi tersebut, tentu saja hal ini akan memangkas biaya operasional perusahaan.

2.    Utility Computing, cloud computing jenis ini menawarkan sebuah solusi dalam bentuk virtual server dan jasa penyimpanan data (storage data center).

3.    Web Services In The Cloud, merupakan jenis cloud computing yang menyedikan service APIs yang bisa digunakan oleh para developer untuk membangun sebuah aplikasi, contohnya: Google Maps, ADP Payroll Processing, the U.S Postal Service, Bloomberg, etc.

4.    Platform As A Service,  merupakan jenis cloud computing yang menyedikan service berupa application development environment, yaitu sebuah lingkungan pengembangan aplikasi dimana pengembang bisa menjalankan aplikasinya di server provider dan diserahkan kepada client-nya melalui Internet.

5.    MSP (Manage Service Provider), yaitu merupakan service untuk melakukan manajemen terhadap aplikasi yang digunakan olehcloud computing. Dengan service ini, manajemen aplikasi akan menjadi lebih mudah, karena dilakukan pada satu aplikasi yang digunakan oleh banyak user, sehingga bisa lebih focus, contohnya:scanning virusspam dan lain sebagainya.

6.    Service Commerce Platforms, yaitu merupakan sebuah hybrid SaaS and MSPService ini menghubungkan antara satu user dengan user lainya, jika diibaratkan dalam sebuah jaringan komputer, service ini bertindak sebagai hub yang menguhubungkan satu client dengan client lainnya. Service ini banyak digunakan dalam lingkungan perdagangan.

7.    Internet Integration

Istilah dalam Could Computing (Komputasi Awan) antara lain :
1. Layanan
2. Hosted
3. Layanan sesuai permintaan
4. Akses jaringan
5. Pooling sumber daya
6. Alokasi sumber daya yang fleksibel
7. Layanan terukur
8. Software as a Service (SaaS)
9. Platform as a Service (PaaS)
10. Infrastructure as a Service (IaaS)
11. Public Cloud
12. Private Cloud
13. Hybrid Cloud
14. One – Premise
15. Data Cente

Keuntungan Cloud Computing (Komputasi Awan) adalah :

1. Reduced Cost (penghematan biaya) : Pengguna teknologi cloud menghematbiaya dan lebih efisien 
2. Increased Storage (peningkatan kapasitas penyimpanan) : Sebuah organisasi dapat menyimpan data lebih banyak dibandingkan pada private computer.
3. Highly Automated (mudah diotomatisasi) : Seorang developer tidak perlu khawatir terhadap software agar tetap up to date.
4. Flexibility (fleksibelitas) : Cloud Computing menawarkan lebih banyak lagi fleksibilitas dari metoda computing yang lama dan dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat berubah.
5. More Mobility (mobilitas yang lebih) : Cloud dapat membuat manajemen dan operasional lebih gampang karena sistem pribadi atau dapat dengan mudah memonitor dan mengaturnya.
6. Allows IT to Shift Focus (mengubah titik focus) : Sebuah organisasi tidak perlu lagi mengkhawatirkan server yang harus di uptodate dan isu computing lainnya.

Kekurangan Cloud Computing :

1. Masih terdapat kekurangan transparasi
2. Keuntungan teknologi belum dapat diukur secara tepat

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://blog.komputasiawan.com/
http://teknik-informatika.com/apa-itu-cloud-computing-komputasi-awan/
http://www.infokomputer.com/umum/kosakata-dalam-komputasi-awan
http://zulvani.wordpress.com/2010/03/08/apa-sih-cloud-computing-itu-2/

0 komentar:

Posting Komentar